Minggu, 17 Maret 2013

Lemons Problem: The Problem of Lemons

Lemon gan?

Halo pembaca! Berhubung ane udah lama ga ngobrol pake bahasa Indonesia jadi di pos kali ini ane akan pake bahasa Indonesia! Hahaa. Bahasa Indonesia ane udah mulai kagok ini gara2 jarang dipake. Mijn Indonesisch is al niet goed (asal pake bahasa asing padahal salah2 wakakakakaka xD)

Pelajaran terakhir di institusi ane memberikan sebuah pengetahuan baru yang unik. Di dunia psikologi keuangan, hal ini terkenal dengan nama "The Lemons". Apakah "The Lemons" itu? Di pos kali ini ane akan menganalisis fenomena ini secara...secara...secara opo iki? Pengetahuan awam dicampur dengan opo sing terlintas di kepala wae dah hahahaa. Karena bukan penelitian empiris jadi jangan dijiplak loh kawan-kawan (kayak analisisnya keren wae xD)


"The Lemons" adalah sebuah kecenderungan orang untuk menghindari melakukan sesuatu yang tidak pasti. Contoh paling beken adalah ketika seorang (bukan saya loh ini) mau membeli mobil bekas dengan harga yang pastinya miring, ia pasti penasaran apakah yang membuat mobil tersebut berharga sangat miring dibandingkan versi baru yang dijual di showroom2. Padahal, cukup banyak mobil bekas yang dijual dengan kondisi yang seperti baru. Di sini terjadi "The Lemons" --- seorang (bukan saya lagi) tersebut akan merasakan ketidakpastian, harga yang begitu jauh membuatnya berpikir ulang. Akibatnya, karena merasa tidak yakin, orang tersebut akan tidak jadi membeli mobil tersebut. Bahayanya, dalam dunia keuangan, jika hal tersebut terjadi pada banyak orang, pasar akan runtuh karena tiada pembeli.

Sedikit hal yang menarik di sini, kecenderungan orang untuk menghindari ketidakpastian. Kecenderungan tersebut bisa dimanfaatkan oleh beberapa orang yang 'pemberani' terhadap ketidakpastian tersebut. Caranya, mereka bisa menunggu hingga pasar bereaksi, kemungkinan besar dengan menurunkan harga, kemudian membeli barang tersebut di harga termurah. Kemudian jika pasar tidak membaik sehingga kemungkinan mereka tidak bisa menjual kembali mobilnya, preteli saja barangnya dan dijual di pasar lain yang lebih pasti.

Perdebatan tentang The Lemons masih berlangsung hingga saat ini. Jadi buat yang lagi cari bahan skripsi, bisa jadi topik bagus ini (refleksi diri karena bulan depan udah kudu skripsi hahahaa xD)

Dannn itu untuk pos kali ini pembaca! Maap kalo isinya amburadul, lha ane ngetiknya aja ini cuma 10 menit e xD. Yang terlintas langsung ane ketik tanpa sunting hahaa

Terima kasih sudah mampir dan sampai jumpa di pos berikutnya! xD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please leave your comment here. Thank you!